Search

Friday, March 19, 2010

Gratis Portable Application Suites

Gratis Portable Application Suites

Saat ini flash disk atau usb drive merupakan salah satu media paling populer untuk menyimpan data. Selain bentuknya yang kecil sehingga dapat dengan mudah dibawah ke mana-mana, flash disk juga punya kapasitas simpan yang cukup besar. Sehingga Anda dapat menyimpan banyak data, gambar, film, aplikasi portable dan sebagainya.

Kalau Anda termasuk pengguna Komputer yang aktif dan biasa bekerja di beberapa komputer yang berbeda, sangat mungkin Anda membutuhkan portable application suites. Portable application suites merupakan kumpulan atau koleksi software portable yang dijadikan satu paket software, yang di dalamnya mencakup banyak jenis software seperti browser firefox dan opera, messenger (miranda plus, meebo), utilities (7 zip, driver backup), pengolah gambar GIMP, dan banyak lagi lainnya. Singkatnya, hampir semua jenis aplikasi yang biasa Anda gunakan sehari-hari terdapat pada portable application suites tersebut.

Beberapa portable application suites yang layak Anda coba dintaranya adalah sebagai berikut :

1. PortableApps.com Suite









Ini adalah salah satu portable application suites yang paling populer. Pada paket software di dalamnya Anda dapat menemukan banyak jenis software portable seperti web browser, email client, office suite, calendar/scheduler, instant messaging client, antivirus, audio player, sudoku game, password manager, PDF reader, minesweeper clone, backup utility, dan lain-lain.

PortableApps.com Suite terdiri dari 3 jenis, yaitu:

2. WinPenPack









WinPenPack terdiri dari beberapa jenis paket, yaitu:

  • 2Gb
  • Essential
  • Game
  • School
  • Web
  • Personal

Isi dari masing-masing paket cukup berbeda. Misalnya, paket Web yang hanya berisi software-software yang berkaitan dengan web development seperti browser, web server, html editor, dll.

Untuk paket Game isinya ya cuma game aja :D

3. Lupo PenSuite










Lupo PenSuite memiliki lebih dari 200 portable software dan game, misalnya 7-Zip, Audacity, CCleaner, eMule, FileZilla, Firefox, Foxit Reader, Gimp, IrfanView, Miranda, Notepad++, Opera, Thunderbird, µTorrent, VLC, dll.

Lupo PenSuite terdiri dari tiga jenis paket, yaitu:

  • Full (archive 200 MB – in use 300 MB)
  • Lite (archive 70 MB – in use 100 MB)
  • Zero (archive 2 MB – in use 3 MB)

Selain menyediakan ribuan software portable tambahan (yang tidak dimasukkan ke dalam paket), Lupo PenSuite juga menyediakan beberapa skins untuk mengganti skins standardnya.

Dari ketiga portable application suites di atas, saya pribadi memilih menggunakan Lupo PenSuite Full karena kebetulan cocok dengan isi paket softwarenya :)

Walaupun portable application suites awalnya ditujukan untuk penggunaan di usb drive, tapi tidak ada salahnya kalau Anda (seperti halnya saya) menginstallnya di PC. Keuntungannya, Anda tidak perlu menginstall satu per satu software-software yang “wajib ada” di PC. Cukup sekali menginstall portable application suites maka hampir semua software yang biasa Anda gunakan sudah tersedia.

Salam ....

2 comments:

  1. trims banget bang .... salam kenal ajaaa...

    gbu

    ReplyDelete
  2. Ok the,,,trims banget 4 u visit...
    salam.....

    ReplyDelete

Trima kasih atas Kunjungannya..... Tolong..... tinggalkan komentar/pesan agar saya dapat belajar dan belajar, sehingga kelak blog ini dapat bermanfaat.....