Search

Sunday, March 14, 2010

HOW TO MAKE WEB.............???????

HOW TO MAKE WEB.............???????

Didalam pembuatan Website kita harus mempunyai kreativitas dan daya imajinasi yang tinggi agar website kita terlihat menarik walaupun bentuknya sederhana.

Baik itu untuk pewarnaan ataupun untuk penempatan gambar, kita harus benar-benar jeli agar terlihat menarik dan tidak terlalu lama pada saat dibuka di Internet. Kita bisa memakai program Microsoft Front Page, Macromedia Dreamweaver, ataupun Notepad yang sudah tersedia di setiap Windows. Ada juga Program tambahan misalnya Adobe Photoshop yang digunakan untuk mengedit grafik sebelum ditempatkan kedalam dokumen website, lalu Macromedia Flash yang digunakan untuk membuat grafik Animasi. Kita juga bisa memasukkan musik ataupun yang lainnya kedalam dokumen website kita.

Tetapi harus ingat satu hal! jangan kita terlalu memasukkan banyak grafik yang bermuatan tinggi karena akan membuat lamanya pembukaan dokumen kita, pada saat akan dibuka di Internet (Grafik dari Adobe Photoshop ataupun dari Macromedia Flash).

Bagaimana Cara Merancang Sebuah Website ?

Banyak sekali cara-cara yang digunakan oleh beberapa orang untuk membuat website. Dan didalam pelatihan ini Anda akan diberitahu hal-hal yang penting dalam Pembuatan Website agar terlihat menarik walau bentuknya sederhana. Jadi sebelum membuat website perhatikanlah hal-hal berikut ini :

* Tentukan Sasaran Pembaca Web Page Anda:

Apabila sasaran pembaca WebPage Anda adalah orang lokal, lebih baik Anda menggunakan Bahasa Indonesia pada dokumen web Anda. Agar lebih dapat dipahami dan lebih cepat memberikan reaksi atas WebPage Anda.
Sedangkan, bila sasaran pembaca WebPage Anda adalah orang diseluruh dunia, gunakanlah bahasa Inggris yang merupakan bahasa International pada dokumen web Anda. Dan tidak ada salahnya apabila dokumen web Anda dibuat dalam tiga atau empat bahasa, yang dipergunakan oleh orang diseluruh dunia.

* Tentukan Tujuan dari WebSite Anda:

Didalam pembuatan Website, sebelumnya Anda harus menentukan tujuan dari Website yang Anda bikin atau Anda buat. Apakah website tersebut untuk mempublikasikan diri Anda sendiri atau Anda ingin mempublikasikan Perusahaan Anda dan barang-barang produksi Perusahaan Anda, dll. Bagaimanapun bentuk tujuan dari Website atau dokumen Website yang Anda buat, harus jelas agar pembaca Website Anda dapat lebih mengerti dan memahami tujuan dari Website Anda.

* Buat Struktur WebPage Anda:

Sebelum Anda membuat dokumen Web Anda, alangkah lebih baik apabila Anda pertimbangkan dulu bagaimana cara mengelola dokumen Web Anda. Buatlah struktur dari dokumen yang Anda buat dengan jelas dan teliti agar tidak menyimpang dari tujuan pembuatan WebSite Anda.

Apa Itu WWW?

World Wide Web, atau yang biasa disebut Web, adalah suatu kumpulan informasi pada beberapa server komputer yang terhubung antara satu dengan yang lain dalam jaringan Internet. Informasi dalam web mempunyai link yang menghubungkan informasi ke informasi lain didalam Internet. Link memiliki tanda khusus, baik berupa teks bergaris bawah dan berwarna, ikon atau bisa juga berupa gambar. Bila anda ingin mengetahui apakah teks atau gambar merupakan link dari suatu informasi lihatlah perubahan pada penunjuk mouse. Jika berubah menjadi gambar tangan, maka tulisan/teks dan gambar tersebut merupakan link dari suatu informasi yang terdapat di Internet.

World Wide Web

Dalam bekerja dengan Web terdapat dua hal yang penting yaitu Web Browser atau yang lebih dikenal Browser dan Software Web Server. Kedua software seperti sebuah sistem Client-Server. Web browser bertindak sebagai client dan Web server sebagai server. Client memungkinkan Anda untuk mengiterprestasikan dan melihat informasi pada Web sedangkan server memungkinkan Anda untuk menerima informasi yang diminta oleh browser.

HTML (Hypertext Markup Language)

HTML adalah suatu format data yang digunakan untuk membuat dokumen Hypertext yang dapat dibaca dari satu Platform komputer ke Platform komputer lain tanpa perlu melakukan perubahan apapun.

Dokumen HTML dapat disebut juga Markup Language karena mengandung tanda-tanda tertentu yang digunakan untuk menentukan tampilan suatu teks dan tingkat kepentingan dari teks tersebut dalam suatu dokumen.
Sistem yang digunakan dalam menghubungkan satu informasi dengan informasi yang lainnya melalui Link yaitu hypertext yang kemudian berubah menjadi hypermedia yang dimana link-link penghubung bukan lagi berbentuk teks tetapi dapat juga berbentuk gambar, suara atau juga video.

Oke sekarang kita Mulai berlatih membuat satu dokumen HTML, Pertama yang kita lakukan buka Program notepad yang sudah tersedia pada windows. Sebetulnya kita juga bisa memakai Program Microsoft Front page atau Macromedia Dream Weaver, Tapi untuk saat ini lebih mudah dan rapih memakai notepad. Kedua ketik dan simpan kedalam HardDisk atau disket dengan nama file latih.html ( jangan lupa setiap kita ingin menyimpan file html sertakan pula ekstensi html dibelakang nama file ) .


Jangan lupakan setiap kita membuka sesuatu kita harus menutupnya contoh : kita membuka "<>" kita harus menutupnya dengan "< /b >", membuka "<>" menutupnya dengan "< /i >", membuka "<>" menutupnya dengan "< /p >", dan seterusnya begitu. Setelah itu lihat hasilnya pada program notepad, klik file, open, browse, cari file yang tadi disimpan dengan ekstensi html dan open. Selesai, kita sudah membuat dokumen latihan html yang pertama.

Pada dasarnya penulisan kode memakai huruf besar ataupun kecil tidak ada masalah, tapi alangkah baiknya kalau kita menulisnya dengan huruf kecil biar kelihatan lebih rapih dan enak dilihat. Dan harus Anda ketahui bahwa setiap Anda ingin menulis alamat E-Mail atau alamat situs yang lainnya harus menggunakan huruf kecil, karena kalau menggunakan huruf besar tidak akan terbaca oleh Server.

Terminologi

Apa Itu Home Page

Home Page adalah halaman pertama dari suatu website yang berisi berbagai Informasi tentang apa dan siapa dari perusahaan atau organisasi pemilik website tersebut. Didalam website tersebut juga terdapat Informasi tentang link-link yang menghubungkan antar dokumen yang satu dengan dokumen yang lainnya.Setiap pribadi atau organisasi perusahaan yang memiliki informasi di World Wide Web akan memerlukan suatu alamat atau URL khusus yang disebut Website.

Apa itu HyperText Transfer Protocol ( HTTP )

HTTP adalah suatu protokol yang digunakan untuk menentukan aturan yang harus diikuti oleh Web browser dalam meminta atau mengambil suatu dokumen, dan oleh Web server dalam menyediakan dokumen yang diminta. Jika anda sedang menjelajah Web dan pada Addres bar ada tulisan http://www.msn.com, ini merupakan salah satu penggunaan protokol http dalam Web.

Uniform Resource Locator ( URL )

URL adalah suatu sarana yang digunakan untuk menentukan lokasi informasi pada suatu web server. Format umum suatu URL adalah :
Protokol transfer ://nama host/path/nama file
* Protokol transfer adalah protocol yang digunakan oleh suatu browser untuk mengambil informasi.
* Nama host adalah nama dari komputer dimana informasi tersebut berada.
* Path/nama file adalah jalur serta nama file dari suatu informasi.

Protokol Transfer

Protokol transfer adalah suatu protokol yang digunakan untuk pengiriman informasi di Internet. Selain HTTP, dalam Internet juga dikenal beberapa protokol lain, diantaranya adalah :
* FTP (File Transfer Protokol). Protokol ini dirancang untuk memungkinkan pemakai mentransfer file dalam format teks atau biner dalam server komputer di Internet. Contoh ftp.usma.edu/pub/msdos/.
* Gopher. Protokol ini dirancang untuk mengakses server gopher. Contoh gopher://wiretrap.spies.com/.
* News (Network News Transfer Protokol). Protokol untuk mendistribusikan berita di Usenet. Usenet adalah sistem yang dirancang sebagai forum diskusi dengan didasarkan pada topik-topik yang disebut newsgroup. Contoh : news:comp.infosystems.www.announce.
* Telnet. Protokol yang digunakan untuk login ke suatu server komputer.
Dengan protokol-protokol tersebut, browser Anda dapat bertindak sebagai client dari protokol tersebut.

Domain Name System (DNS)

Komputer-komputer di Internet menggunakan suatu format penamaan standar untuk mempermudah pengelolaan server komputer di Internet. Sistem penamaan server komputer adalah Domain Name System (DNS). DNS membuat suatu tingkat-tingkat domain yang merupakan kelompok komputer yang terhubung ke Internet., Ada beberapa nama-nama domain beserta organisasinya antara lain :

Nama Domain Jenis Organsiasi

Com : Organisasi Komersial Contoh: www.yahoo.com
Edu : Lembaga Pendidikan Contoh: www.usc.edu
Gov : Lembaga Pemerintah
Int : Organisasi International
Mil : Organisasi Militer
Net : Provider Internet Contoh telkom.net
Org : Organisai Umum
Au : Organisasi Komputer di Australia
At : Organisasi Komputer di Austria
Be : Organisasi Komputer di Belgia
Ca : Organisasi Komputer di Kanada
Ch : Organisasi Komputer di Swiss
Cz : Organisasi Komputer di Checna
De : Organisasi Komputer di Jerman
Dk : Organisasi Komputer di Denmark
Es : Organisasi Komputer di Spanyol
Id : Organisasi Komputer di Indonesia

Dokumen HTML

Apa Perbedaan Dokumen HTML ?

Dokumen HTML bisa mengandung teks, gambar, suara atau video, yang membedakan HTML dengan dokumen yang lain adalah adanya elemen-elemen HTML beserta tag-tagnya. Elemen dan tag HTML berfungsi untuk memformat atau menandai suatu bagian tertentudari dokumen HTML dan juga menentukan struktur bagian tersebut dalam dokumen HTML.

Bagian Dokumen HTML
Dokumen HTML tersusun oleh 3 bagian antara lain :
1. Baris yang berisi informasi versi HTML yang digunakan.
2. Deklarasi bagian header dengan elemen head.
3. Deklarasi bagian body dengan elemen BODY atau FrameSET.



Beberapa Informasi tentang Versi HTML
Satu dokumen HTML yang Valid akan mendeklarasikan HTMLyang digunakan pada dokumennya.
Definisi type dokumen dikenal dengan DTD (Document Type Definition).
Dalam HTML 4.01 terdapat 3 DTD dan setiap pembuat dokumen harus menyertakan salah satunya, 3 DTD tersebut antara lain :

• HTML 4.01 Strict DTD, memasukkan seluruh elemen daan atribut yang sudah usang atau tidak tampil padaa frameset dokumen. Untuk dokumen yang menggunakan tipe DTD ini, tipe deklarasinya adalah :

"http://www.w3.org/TR/html4/strict.dtd">

• HTML 4.01 Transitional DTD, memasukkan seluruh yang ada pada strict DTD ditambah elemen daaaan atribut yang sudah tidak digunakan. Untuk dokumen yang menggunakan tipe DTD ini, tipe deklarasinya adalah :

"http://www.w3.org/TR/html4/loose.dtd">

• HTML 4.01 Frameset DTD, memasukkan seluruh yang ada pada transitional DTD ditambah frame. Unutk dokumen yang menggunakan tipe DTD ini, tipe deklarasinya adalah :

"http://www.w3.org/TR/html4/frameset.dtd">
Dan URL Pada masing-masing DTD akan mengijinkan browser untuk download DTD dan entity yang dibutuhkan.
Beberapa URL tersebut antara lain:
• "strict dtd"--default strict DTD
• "loose.dtd"--loose DTD
• "frameset.dtd"--DTD untuk frameset document
• "HTMLlat1.ent"--Latin-1 entities
• "HTMLsymbol.ent"--Symbol entities
• "HTMLspecial.ent"--Special entities
Entity atau kode khusus banyak sekali digunakan untuk menuliskan simbol-simbol khusus seperti huruf Greek dan simbol lain.
Bagian Elemen HTML
Pada suatu elemen HTML terdiri dari beberapa tag-tag dan atributnya antara lain:
• TAG : Jika browser menampilkan halaman Web, maka browser akan membaca teks yang terdapat di dokumen HTML lalu mencari kode khusus yang biasa disebut TAG. Tag merupakan suatu pasangan tag awal/pembuka<...>dan tag akhir/Penutup <./.>
• Atribute : Tag awal seperti biasanya terdapat beberapa buah atribut yang memperlihatkan karakteristik dari tag tersebut. Misal :

Dipergunakan untuk membuat teks menjadi rata kiri dari suatu paragraf.


http://dunia-baru1001.net63.net/dn%20pelatihan%20membuat%20website.htm

http://khoirulanam24.blogspot.com/

No comments:

Post a Comment

Trima kasih atas Kunjungannya..... Tolong..... tinggalkan komentar/pesan agar saya dapat belajar dan belajar, sehingga kelak blog ini dapat bermanfaat.....