Search

Saturday, March 13, 2010

Membuka file PDF yang diproteksi (tidak bisa diprint dan dicopy-paste)

Membuka file PDF yang diproteksi
(tidak bisa diprint dan dicopy-paste)

Beberapa waktu lalu saya mendapatkan sebuah file PDF yang diproteksi, yaitu isinya tidak dapat di-print atau di copy-paste dengan menggunakan Adobe (Acrobat) Reader. Setelah cari sana-sini ternyata ada cara untuk membuka proteksi tersebut.

Cara mencetak file PDF yang diproteksi :

Kadang-kadang saya menemui file PDF yang bisa dibuka dengan Adobe Reader, tapi tidak bisa diprint. Pada menu File-Print terlihat warnanya abu-abu (tidak aktif). Ini berarti file PDF tersebut diproteksi agar tidak bisa dicetak (print-protected). Tapi ternyata dengan menggunakan software GSView dari Ghostgum file PDF ini masih bisa diprint. GSView adalah free software yang bisa didownload disini:



Cara membuka proteksi file PDF yang isinya tidak bisa di-copy-paste:

GSView ternyata juga bisa mengkonversi file PDF yang sebelumnya diproteksi (tidak bisa diprint dan di-copy-paste) menjadi file PDF yang tidak terproteksi. Caranya, buka file PDF dengan GSView, lalu pilih menu File-Convert dan pilih Device "pdfwrite" utk menghasilkan file PDF baru yang tidak proteksi. File PDF yang dihasilkan akan bisa diprint maupun dicopy-paste



Ada beberapa cara lain yang belum sempat saya coba, tapi bisa dibaca di sini:

Catatan:
Untuk bisa menjalankan program GSView anda juga perlu menginstal program Ghostscript (juga free software) yang bisa didownload disini:
Saat ini program GSview yang aq pakai adalah versi 4.9 dengan Ghostscript versi 8.61

No comments:

Post a Comment

Trima kasih atas Kunjungannya..... Tolong..... tinggalkan komentar/pesan agar saya dapat belajar dan belajar, sehingga kelak blog ini dapat bermanfaat.....