Search

Monday, March 22, 2010

Menaruh Angka 0 (Nol) di Depan Angka Dalam Excel

Menaruh Angka 0 (Nol) di Depan Angka Dalam Excel



Ada yang search di google permasalahan di atas dan akhirnya tepikir oleh aq napa g posting aja, jadi ini saya post tips “Menaruh Angka 0 (Nol) di Depan Angka Dalam Excel” yang semoga berguna untuk membantu temen-temen yang punya masalah serupa.

Dulu saya juga mengalami masalah tersebut, yaitu buat nulis No. HP karena No awalnya 0 seperti 08523000327. Ya memang kalau ditulis angka 0852 maka di Excel akan muncul 852, karena ya memang begitu penulisan angka. Nah cara pertama yang bisa digunakan adalah menambahkan tanda ‘ sebelum 0852. Jadi kita tulis ‘0852 maka di tampilan Excel akan muncul 0852. Cara ini mengakibatkan angka tersebut dianggap teks oleh Excel sehingga tidak bisa digunakan untuk menjumlah, kurang, kali, bagi atau operasi bilangan lainnya. Dan repotnya kalau kita sudah copy data dari tempat lain terus nolnya jadi hilang, kan ga mungkin kita ngetik satu-satu, capek deh. (Ga segitunya juga sih, misal data di A1, B1, dst bisa pake rumus ini di A2 (=”0″&A1) lalu copy rumus itu ke bawah lalu copy hasilnya lalu paste special value only buat nimpa data asli. Jadi deh ada tambahan 0 (nol) sebanyak satu di depannya.
Cara kedua dengan memformat cellsnya. Caranya anda blok semua yang ingin anda beri tambahan 0 (nol)
lalu klik kanan lalu pilih format cells. Di bagian Number (yang paling kiri) pilih Custom lalu di bagian Type ketikkan “0″0 atau 00#. “0″0 akan membuat setiap angka yang anda miliki akan ditambah satu angka 0 (nol) di depannya. 00# akan membuat bahwa angka yang anda punya minimal ada 3 digit jadi jika angka anda 2 maka ditampilkan 002, jika angka anda 25 ditampilkan 025 jika lebih dari seratus ya berarti tidak ada perubahan. Jika anda ingin minimal 5 digit (25 menjadi 00025) maka anda ketikkan 0000#. Lihat tabel di bawah untuk mengetahui perbedaan format-format di atas.


Dengan mengubah format maka angka yang anda miliki tetap berupa angka sehingga bisa dijumlahkan, dikali atau operasi matematika lainnya.

Semoga bermanfaat.

2 comments:

  1. Thanks Ya.. Info bagus, kadang perlu banget klo lagi butuh.

    ReplyDelete
  2. Ok. trims balik...
    N trims 4 u visit..
    salam.....

    ReplyDelete

Trima kasih atas Kunjungannya..... Tolong..... tinggalkan komentar/pesan agar saya dapat belajar dan belajar, sehingga kelak blog ini dapat bermanfaat.....