Search

Saturday, March 13, 2010

Mendata Ruang Simpan Data

Mendata Ruang Simpan Data

Tiba-tiba kapasitas dalam komputer hard disk semakin berkurang. Anda pun bingung karena Anda tidak tahu file-file apa saja yang memenuhinya. Mau menghapus, Anda tidak tahu harus menghapus yang mana karena foldernya tidak tertata. Dan penyimpanan file, celakanya, tidak beraturan.

Masalah ini kerap muncul. Maklum tidak semua pengguna komputer terbiasa menata data dalam komputernya secara terstruktur. Jika ini terjadi, artinya Anda harus menata ulang. Untuk itu yang Anda perlukan adalah memantau dulu data dan file apa saja yang tersimpan di hard disk.

Anda bisa menggunakan sejumlah aplikasi pemantau hard disk untuk ini. Niscaya Anda akan tahu folder atau file apa saja yang membuat kapasitas hard disk semakin menipis. Selanjutnya, Anda tinggal menghapus atau mencadangkan data-data tambun tersebut agar ruang penyimpan data semakin lega.

Manfaatkan Directory Size
Salah satu aplikasi yang bisa melakukan hal ini adalah Moleskinsoft Directory Size. Dengan program free-to-try tersebut, Anda bisa memantau ukuran data-data dalam PC. Tak hanya itu, jika Anda menunjuk salah satu data tersebut, Anda dapat melihat persentase ukuran file tersebut dibandingkan keseluruhan data dalam CD, apakah ia terlalu rakus “memakan” hard disk atau tidak.

Aplikasi ini bisa didapatkan secara gratis disini: dengan ukuran file penginstal sekitar 1,4MB. Setelah menginstal, Anda tinggal melakukan pindai dan langsung bisa memantau isi hard disk. Berikut adalah caranya.

  1. Unduh dan instal aplikasi. Selanjutnya, ketika aplikasi sudah aktif, Anda tinggal memilih drive atau partisi hard disk yang hendak dipantau dari menu drop-down di toolbar atas. Lanjutkan dengan mengklik tombol segitiga hijau untuk memulai pemindaian dan tunggu beberapa saat.
  2. Setelah proses pindai usai, akan muncul nama drive atau partisi tersebut di panel kiri berikut keterangan kapasitasnya. Klik drive tersebut untuk mengetahui persentase data yang mengisinya lewat pie chart yang muncul di jendela kanan bawah. Keterangan kapasitas setiap drive dalam PC juga akan nongol di panel kiri bawah.
  3. Setelah diklik, muncul root folder dari drive tersebut. Untuk mengetahui informasi muatan dan persentase dari setiap folder, klik salah satu folder atau file. Isi dalam setiap folder yang diklik akan muncul di panel kanan atas. Anda bisa menelusuri root isi hard disk dari kedua panel ini. Persentase muatan bisa dipantau lewat pie chart.
  4. Jika Anda mau mencari data dalam format tertentu saja, misalnya files foto JPG, Anda bisa melakukan penyaringan saat pemindaian. Caranya, klik ikon bergambar corong di toolbar. Pada boks yang muncul, masukkan ekstensi format file yang hendak disaring di kotak "Mask Included". Klik [OK]. Lalu lakukan pemindaian lagi dengan mengklik segitiga hijau.

Kontrol dengan Gratisan Windirstat

Aplikasi gratisan lain yang bisa Anda gunakan adalah WinDirStat. Software berukuran mungil ini cukup mudah digunakan. Setiap data dalam hard disk ditandai dengan warna tertentu (seperti pada Disk Defragmenter) agar mudah dikenali. Begini cara pakainya.

  1. Instal WinDirStat di mana installer file-nya bisa didapatkan dari www.windirstat.info. Instal dan jalankan aplikasi. Saat pertama kali aktif, Anda akan diberi pilihan drive yang hendak dicek lewat boks.
  2. Select Drive. Pilih drive, lalu klik [OK]. Anda bisa memilih lebih dari satu drive dengan menekan [Shift], lalu klik drive dan akhiri dengan [OK]. Di jendela aplikasi, terlihat proses pendataan file yang tersimpan, yang ditunjukkan dengan munculnya ikon mirip tokoh Pacman, dan bar proses pencarian muncul di bawah jendela. Tak hanya itu, kotak-kotak berwarna-warni nantinya juga muncul di bagian bawah jendela.
  3. Klik tanda plus (+) di depan label drive, hingga muncul folder-folder di dalamnya. Jika tanda plus di depan folder lainnya diklik, akan muncul lagi folder dan file di dalamnya. Setiap folder dan file yang terbuka akan tampil bersama ukuran dan kapasitasnya.
  4. Kotak-kotak warna di bagian bawah seumpama peta lokasi file dan folder. Jika Anda klik salah satu folder dan file dalam daftar di atas, sebuah kotak putih akan muncul di jendela bawah sebagai penunjuk lokasi folder dan file tersebut.
  5. Begitu pun jika Anda klik salah satu kotak atau warna di jendela bawah, maka nama file atau folder muncul di sisi atas. Jendela di sisi kanan atas adalah keterangan mengenai warna dan ekstensi file yang diwakili oleh warna tersebut.
  6. Tampilkan ruang kosong yang tersedia dengan menekan tombol [F6] di kibor. Tak hanya hard disk di dalam PC, Anda juga dapat mengecek hard disk portabel. Klik [Open], pilih removable disk yang tercolok ke PC, lalu tekan [OK].


TIP: Pilihan Aplikasi Pemantau Hard Disk
Inilah pilihan lain aplikasi jenis directory size utility yang berguna untuk memantau isi hard disk Anda.
- Dirlot (download)
- Disk Directory Size Reporting (download)
- Disk Size Manager (download)
- Drive Manager (download)
- FSHog (download)
- TreeSize Free (download)


No comments:

Post a Comment

Trima kasih atas Kunjungannya..... Tolong..... tinggalkan komentar/pesan agar saya dapat belajar dan belajar, sehingga kelak blog ini dapat bermanfaat.....