Search

Sunday, March 14, 2010

RESOURCE ALLOCATION

RESOURCE ALLOCATION

RESOURCE ALLOCATION merupakan proses penunjukan sumberdaya komputer untuk program tertentu supaya program tersebut bisa bisa menggunakannya, sistem ini juga merupakan proses membebaskan sumber daya pada saat program yang menggukannya sudah selesai.

untuk membagi CPU di lakukan 2 pendekatan :

1. Multiprograming, yang dibedakan menjadi dua :
1.1 Multiprocessing : menggunkana komputer semaksimal mungkin dengan beberapa CPU sehingga beberapa program dapat digunakan secara bersamaan dengan menggunakan prosesornya masing-masing.
1.2 Multiprograming : Dua program atau lebih dieksekusi pada saat yang bersamaan secara concurrent pada sebuah komputer.

2. Time Sharing

SHARING MEMORY

Beberapa sistem membagi komputer menjadi beberapa area terpisah yang masing - masing dapat menyimpan sebuah program, cara ini disebut partition atau region, salah satu partisi bisa diset besar untuk mengantisipasi adanya program terbesar. Komputer besar sering membagi memory menjadi FOREGROUD dan BACKGROUND.


VIRTUAL STORAGE

Beberapa sistem komputer mengatur memory dengan menggunakan teknik virtual storage atau di sbut juga dengan virtual memory, konsepnya adalah program yang saat ini sedang dieksekusi disimpan pada disk dan sebagian program ini diambil ke memory sesuai kebutuhan.

MEMORY PROTECTOR

merupakan proses untuk menjaga sebuah program terpisah dengan program lainnya.\

SHARING STORAGE RESOURCE

untuk menjalankan setiap instruksi program untuk membaca atau menyimpan sevuah record akan dirutekanke sistem operasi yang akan memproses permintaan tersebut dan kemudian mengembalikan kendali ke program tersebut.

UTILTY PROGRAM

merupakan bagian dari system software, bukan bagian dari operating system, jenisnya antara lain :
1.Membackup data
2. mengcompres file
3. mencari file
4.membersihkan virus, dll

FILE MANAGER

Utility ini memungkinkan untuk menyimpan file dalam bentuk struktur directory hirarki.

BACKUP and RESTORE

Utility ini memback-up file dalam format tertentu untuk meminimasi kebutuhan space, copy harus melaluirutin restore sbelum kita bisa menggunakan file tsb.

FILE COMPRESSION

Utility ini berfunggi untuk mengcompress untuk mengurangi jumlah space yang diperlukan oleh sebuah file.

DEFRAGMENTER

Utylity ini akan mengatur file - file yang ada pada disk sehingga semua file disimpan pada lokasi yang berurutan.


KHOIRUL ANAM ( 06.2009.1.4896 )
( ABSENSI : 08 )


Rabu, 28 Oktober 2009

"JARINGAN"

Jaringan Komputer Dinas Kesehatan Kota Surabaya

Keterangan gambar :
1. Komputer di tiap lantai di hubingkan ke SWITCH di tiap lantai dengan menggunakan kabel LAN STRAIGHT
2. Tiap-tiap SWITCH di tiap lantai di hubungkan ke SWITCH pusat di lantai II menggunakan kabel LAN CROSS
3. SWITCH pusat di lantai II di hubungkan pada RADIO PEMANCAR / PENERIMA menggunakan kabel LAN CROSS

Fungsi perangkat :

1.SWITCH

Swicht jaringan dapat digunakan sebagai penghubung koputer atau router pada satu area yang terbatas, switch juga bekerja pada lapisan data link, cara kerja switch hampir sama dengan bridge,tetapi switch memiliki sejumlah port sehingga sering di namakan multi-port bridge.

macam-macam switch :

Ada beberapa jenis Switch yang beredar di pasaran, yang bekerja di layer 2 dan layer 3 pada lapisan OSI.

1.1 ATM Switch
1.2 ISDN Switch
ISDN ( Integrated Service Digital Network ) Switch atau yang dikenal sebagai istilah Frame Relay Switch Over ISDN yang biasanya terdapat pada Service provider bekerja seperti halmya Switch, tapi memiliki perbedaan yaitu interface yang digunakan berupa ISDN card atau ISDN router.
1.3 DSLAM Switch
1.4 Ethernet Switch

2. LAN

LAN merupakan singkatan dari Local Area Network, dapat didefinisikan sebagai jaringan komputer berukuran kecil sampai menengah yang terletak didalam area yang sama, biasanya terletak di dalam bangunan atau gedung yang sama.

Apa fungsi LAN......?

LAN biasnya berfungsi untuk membagi pakai sebuah perangkat atau sumber daya sehingga sumber daya itu bisa dipakai bersama-sama oleh pengguna LAN.

Perangkat atau sumber daya apa saja yang daoat digunakan ....?
Koneksi Internet, Printer, Sharing folder atau drive dalam komputer.

Kabel LAN dibagi menjadi 2

2.1 LAN STRAIGHT

Berfungsi menghubungkan koneksi dari Port ke Switch/hub, Untuk melakukan terminasi kabel straight biasanya beberapa orang menerapakan cara TWIN SIDE, yaitu menyamakan susunan antara kedua ujung konektor tanpa memeperhatikan susunan warna yang dipakai, Susunan kabel LAN STRAIGHT berdasarkan standart International adalah :




















2.2 LAN CROSS

Berfungsi untuk koneksi point to point antar 2 komputer yang di hubungkan lewat ethernet card, untuk melakukan terminasi kita tidak menggunakan standart yang ditentukan karena kabel yang digunkaan hanya memiliki 1 warna tiap pinnya, yang harus di ingat adalah urutannya. Susunan kabel LAN CROSS :




















3. RADIO PEMANCAR/PENERIMA

Radio pemancar ini berfungsi untuk menangkap sinyal wireless yang terdapat di PEMKOT ( Pemerintah Kota ) Surabaya, karena jaringan di DKK ( Dinas Kesehatan Kota ) Surabaya berpusat pada PEMKOT tepatnya di BAPETIKOM ( Badan Pengelolaan Teknologi Informasi dan Komunikasi )

No comments:

Post a Comment

Trima kasih atas Kunjungannya..... Tolong..... tinggalkan komentar/pesan agar saya dapat belajar dan belajar, sehingga kelak blog ini dapat bermanfaat.....