Search

Thursday, March 25, 2010

Rumus Mengetahui Huruf Depan (Maupun Kata Baik di Depan, Tengah, atau Belakang)

Rumus Mengetahui Huruf Depan
(Maupun Kata Baik di Depan, Tengah, atau Belakang)


Pada kesempatan ini saya ingin berbagi tips rumus mengetahui huruf depan di excel. Mohon maaf belum sempat nulis lengkap. Tapi karena sepertinya banyak yang search saya jawab singkat dulu. Gunakan =left(a1,1) nah rumus ini menghasilkan huruf depan di cell a1. Versi lengkap nanti kalau ada waktu ya.

Nah sekarang waktunya mulai longgar jadi ini saya tulis versi lengkapnya. Jadi untuk mengambil huruf atau kata di depan, tengah atau belakang ada tiga fungsi yang ditawarkan excel yaitu left, mid, dan right.

  • Untuk mengambil huruf atau kata di depan berarti gunakan left. Misalnya di cell A1 berisi “apel hijau malang”. Maka jika kita menuliskan rumus =left(A1,4) maka kita akan mendapat 4 huruf di kiri atau depan yaitu “apel”.
  • Untuk mengambil huruf atau kata di belakang berarti gunakan right. Dengan contoh yang sama jika kita ketik rumus =right(A1,6) maka berarti kita mengambil 6 huruf dari kanan atau belakang yang berarti “malang”.
  • Untuk mengambil huruf atau kata di tengah gunakan mid. Jika kita ketik =mid(A1,6,5) berarti kita meminta mulai huruf ke 6 sebanyak 5 huruf, jadi kita akan mendapat kata “hijau”.

Di bawah ini gambar dari contoh di atas. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Trima kasih atas Kunjungannya..... Tolong..... tinggalkan komentar/pesan agar saya dapat belajar dan belajar, sehingga kelak blog ini dapat bermanfaat.....