Search

Sunday, March 14, 2010

SOFTWARE

SOFTWARE

ada yang bilang “software itu ya program” ada juga yang bilang “software itu Windows, Linux, dll” . Semua jawaban itu tidak ada yang salah. Tapi bagi saya informasi itu masih kurang lengkap. Lalu saya mencari-cari di internet dan banyak sekali website yang mendefinisikan tentang apa itu software.

Dari sekian banyaknya definisi tersebut, kemudian saya pelajari dan saya kelompokkan dan akhirnya dapat saya simpulkan software dikelompokkan ke dalam 3 pengertian yaitu berdasarkan definisi, jenis dan fungsinya.

DEFINISI

Software adalah kumpulan instruksi yang berfungsi untuk menjalankan suatu perintah, seperti memberikan informasi tentang hardware, menentukan fungsi hardware, dan menjalankan sistem.

Agar komputer dapat membaca, mengingat, membuat keputusan (membandingkan), menghitung, menyortir, dan menghasilkan keluaran berupa informasi dalam monitor atau cetakan, komputer harus dapat membaca dan memasukkan program ke dalam memori utamanya. Program adalah instruksi dalam bahasa mesin atau yang dapat dibaca oleh komputer yang dirancang untuk tujuan tertentu sehingga kalau operator menjalankan komputer dan memijat tombol tertentu (misalnya untuk memroses data akuntansi) disebut dengan program aplikasi (aplication program). Pengertian perangkat lunak menunjuk pada program dan alat bantu lain yang bersifat menambah kemampuan komputer sebagai alat untuk melaksanakan tugas atau operasi tertentu. Program aplikasi dapat dibuat secara khusus untuk memenuhi kebutuhan khusus pula (tailor-made) atau berupa paket yang mempunyai aplikasi umum.

Disebut juga dengan perangkat lunak, merupakan kumpulan beberapa perintah yang dieksekusi oleh mesin komputer dalam menjalankan pekerjaannya. perangkat lunak ini merupakan catatan bagi mesin komputer untuk menyimpan perintah maupun dokumen serta arsip lainnya.

JENIS

SOFTWARE atau perangkat lunak itu sendiri di bagi menjadi 3 Bagian ( Jenis ) utama :

1. Sistem Operasi (operating system)

Sistem operasi atau dalam bahasa Inggris: operating system atau OS adalah perangkat lunak sistem yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah kata dan browser web.

Secara umum, Sistem Operasi adalah software pada lapisan pertama yang ditaruh pada memori komputer pada saat komputer dinyalakan. Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi berjalan, dan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti umum untuk software-software itu. Layanan inti umum tersebut seperti akses ke disk, manajemen memori, skeduling task, dan antar-muka user. Sehingga masing-masing software tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas inti umum tersebut, karena dapat dilayani dan dilakukan oleh Sistem Operasi. Bagian kode yang melakukan tugas-tugas inti dan umum tersebut dinamakan dengan "kernel" suatu Sistem Operasi.

kernel adalah suatu perangkat lunak yang menjadi bagian utama dari sebuah sistem operasi. Tugasnya melayani bermacam program aplikasi untuk mengakses perangkat keras komputer secara aman.

Sistem operasi-sistem operasi utama yang digunakan komputer sistem umum (termasuk PC, komputer personal) terbagi menjadi 3 kelompok besar:

  1. Keluarga Microsoft Windows - yang antara lain terdiri dari Windows Desktop Environment (versi 1.x hingga versi 3.x), Windows 9x (Windows 95, 98, dan Windows ME), dan Windows NT (Windows NT 3.x, Windows NT 4.0, Windows 2000, Windows XP, Windows Server 2003, Windows Vista, Windows 7 (Seven) yang akan dirilis pada tahun 2009, dan Windows Orient yang akan dirilis pada tahun 2014)).
  2. Keluarga Unix yang menggunakan antarmuka sistem operasi POSIX, seperti SCO UNIX, keluarga BSD (Berkeley Software Distribution), GNU/Linux, MacOS/X (berbasis kernel BSD yang dimodifikasi, dan dikenal dengan nama Darwin) dan GNU/Hurd.
  3. Mac OS, adalah sistem operasi untuk komputer keluaran Apple yang biasa disebut Mac atau Macintosh. Sistem operasi yang terbaru adalah Mac OS X versi 10.4 (Tiger). Awal tahun 2007 direncanakan peluncuran versi 10.5 (Leopard).

2. Perangkat lunak bahasa pemrograman (programming software)

Bahasa pemrograman, atau sering diistilahkan juga dengan bahasa komputer, adalah teknik komando/instruksi standar untuk memerintah komputer. Bahasa pemrograman ini merupakan suatu set aturan sintaks dan semantik yang dipakai untuk mendefinisikan program komputer. Bahasa ini memungkinkan seorang programmer dapat menentukan secara persis data mana yang akan diolah oleh komputer, bagaimana data ini akan disimpan/diteruskan, dan jenis langkah apa secara persis yang akan diambil dalam berbagai situasi.

Bahasa pemrograman itu sendiri dibagi menjadi 3 bahasa :

2.1 Bahasa Mesin atau Kode Mesin

Bahasa mesin atau kode mesin adalah satu-satunya bahasa komputer yang dapat langsung dipahami oleh CPU. Bahasa mesin ditulis dalam serangkaian bit-bit (bilangan-bilangan biner, yaitu bilangan yang hanya mempunyai angka 1 dan 0). Beberapa pola-pola bit disimpan dalam mikroprosesor sebagai kode operasi (opcode), yang berarti memerintahkan CPU melakukan operasi tertentu (misalnya operasi aritmetika atau pengaksesan memori), sementara pola-pola bit lain dapat menunjukkan suatu lokasi memori (memory address) tertentu, dan pola-pola bit lain dapat berarti sebuah bilangan. Bahasa lain diterjemahkan melalui interpreter atau kompiler ke dalam bahasa ini sebelum dieksekusi oleh CPU.

2.2 Bahasa Assembly

bahasa assembly adalah Bahasa rakitan (bahasa Inggris: assembly language) adalah bahasa pemrograman komputer tingkat rendah. Bahasa assembly merupakan notasi untuk bahasa mesin yang dapat dibaca oleh manusia dan berbeda-beda tergantung dari arsitektur komputer yang digunakan.

2.3 Bahasa Tingkat Tinggi

Bahasa pemrograman tingkat tinggi adalah sebuah bahasa pemrograman yang jika dibandingkan dengan bahasa pemrograman tingkat rendah memiliki sifat lebih mudah digunakan, lebih portabel (mudah diadaptasikan) antar-platform, dan lebih abstrak. Bahasa-bahasa semacam ini sering melakukan abstraksi terhadap beberapa operasi CPU, seperti halnya pengaksesan memori.

2.4 Bahasa Berorientasi Objek ( Sedang dikembangkan )

Pemrograman berorientasi objek (Inggris: object-oriented programming disingkat OOP) merupakan paradigma pemrograman yang berorientasikan kepada objek. Semua data dan fungsi di dalam paradigma ini dibungkus dalam kelas-kelas atau objek-objek. Bandingkan dengan logika pemrograman terstruktur. Setiap objek dapat menerima pesan, memproses data, dan mengirim pesan ke objek lainnya.

Model data berorientasi objek dikatakan dapat memberi fleksibilitas yang lebih, kemudahan mengubah program, dan digunakan luas dalam teknik piranti lunak skala besar. Lebih jauh lagi, pendukung OOP mengklaim bahwa OOP lebih mudah dipelajari bagi pemula dibanding dengan pendekatan sebelumnya, dan pendekatan OOP lebih mudah dikembangkan dan dirawat.

3. Perangkat lunak aplikasi (application software)

"Program aplikasi" merupakan perangkat lunak yang dijalankan oleh para pengguna untuk mencapat tujuan tertentu. Umpama, kita menjelajah internet dengan menggunakan aplikasi "Browser". Atau mengubah (edit) sebuah berkas dengan aplikasi "Editor"

Berikut beberapa contoh jenis aplikasi

Aplikasi Perkantoran Atau Office. Aplikasi ini digunakan sebagai sarana pengolahan data kerja seperti mempersiapkan presentasi, membuat surat-menyurat dan lain sebagainya. Misalnya : Microsoft Office, Koffice, OpenOffice dan lain sebagainya. Biasanya aplikasi ini berukuran cukup besar, sekitar 200 – 400 MB.

Aplikasi Pengolah Gambar. Digunakan untuk manipulasi gambar atau foto dan untuk melihat gambar.Misalnya : Adobe Photoshop, Macromedia FireWorks, ACDSee, Irvan View, Corel Draw, The Gimp, Kuickshow dan seterusnya. Ukuran aplikasi ini cukup beragam, mulai dari 500Kb sampai dengan 500MB.

Aplikasi Multimedia. Dipakai untuk menikmati Audio dan Video. Misalnya : WinAmp, Kjofol, XingMPEG, PowerDVD sampai dengan Windows Media Player. Sedangkan untuk besarnya byte, paling tidak berkisar antara 5 dan 30 MB.

Aplikasi Kompresi File. Dimanfaatkan untuk memadatkan atau memampatkan file, baik banyak ataupun tunggal, agar menjadi file yang berukuran kecil. Biasanya dalam bentuk ZIP atau RAR. Misalnya : WinZIP, WinRAR. Terkadang aplikasi ini otomatis sudah terinstall, misalnya di sistem perasi Windows XP. Tapi bila belum ada, siapkan saja space kurang lebih 5MB.

Aplikasi Dictionary atau Kamus. Digunakan untuk penerjemah bahasa dari bahasa Indonesia ke bahasa lain, atau sebailknya. Misalnya : TransTool, Universal Translator. Ukurannya beragam dari 15 MB sampai dengan 300MB.

Aplikasi Organizer. Digunakan sebagai “sekretaris pribadi” dalam mengatur aktivitas dan kesibukan sehari – hari. Misal : Rainleander, RedBox Organizer. Ukurannya cukup kecil, antara MB dan 10 MB.

Aplikasi Anti Virus. Dipakai sebagai perisai komputer dari berbagai bentuk serangan virus komputer. Misal : PCCillin, McAfee, NAV. Paling tidak memekan sissa harddisk sebesar 50MB.

Fungsi

Secara garis besar Fungsi dari software adalah untuk menjalankan suatu perintah, seperti memberikan informasi tentang hardware, menentukan fungsi hardware, dan menjalankan sistem.

Dari pembahasan di atas, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa Software merupakan suatu perangkat lunak yang terdapat di dalam komputer/harddisk yang menjalankan segala aplikasi yang dibutuhkan User/Pemgguna melalui media “Hardware/Harddisk”

Berikut adalah urutan / rangkaian dalam sistem penggunaan komputer oleh user

Dari bagan tersebut kita dapat mengartikan bahwa user/pengguna tidak berhubungan langsung dengan Hardware melainkan secara sistematis.

Daftra Pustaka :

http://komsos.wordpress.com
http://bebas.vlsm.org

No comments:

Post a Comment

Trima kasih atas Kunjungannya..... Tolong..... tinggalkan komentar/pesan agar saya dapat belajar dan belajar, sehingga kelak blog ini dapat bermanfaat.....