Search

Friday, March 12, 2010

Bermasalah dengan Pesan "It's Now Safe To Turn Off Your Computer" pada Komputer ACPI


Tanya :
Setahu saya, saat ini hampir semua komputer bisa dimatikan secara otomatis lewat Windows. Tapi anehnya, komputer saya yang baru dibeli beberapa tahun lalu tidak bisa mati secara otomatis. Saat shut down selalu muncul pesan "It's now safe to turn off your computer" yang memaksa saya untuk menunggu hingga proses shut down selesai dan menekan tombol [Power] pada CPU.
Bisakah komputer saya diakali agar bisa mati secara otomatis?

Jawab :
Untuk bisa mematikan komputer secara otomatis dari menu [Shut Down], komputer Anda harus sudah mendukung Advanced Configuration md Power Interface (ACPI). Komputer dengan spesifikasi 3entium II ke atas biasanya telah mendukung ACPI. Untuk memastikannya, Anda dapat memeriksa melalui Device \manager.
Setelah dipastikan komputer tersebut mendukung ACPI, lakukan update BIOS untuk mengatasi masalah ini. jika ternyata setelah update BIOS masalah tetap terjadi, lakukan langkah berikut: ..
  1. Klik [Start]>[Control Panel]>[Performance and Maintenance]>[Power Options].
  2. Pada Power Options Properties, klik tab [APM] dan beri tanda cek di box [Enable Advanced Power Management Support].

Apabila cara ini tidak juga mengatasi masalah, cobalah cara berikut: .
  1. Jalankan Registry Editor melalui menu [Start]>[Run...]>Regedit
  2. Masuklah ke HKEY_LOCAL_MACHINE\Software\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion\Winlogon.
  3. Ubah nilai PowerDownAfterShutdown menjadi 1.
Jika PowerDownAfterShutdown belum tersedia, buatlah String value-nya secara manual dan berikan nilai 1 sebagai Value Data.

No comments:

Post a Comment

Trima kasih atas Kunjungannya..... Tolong..... tinggalkan komentar/pesan agar saya dapat belajar dan belajar, sehingga kelak blog ini dapat bermanfaat.....