Search

Friday, March 12, 2010

Instalasi Windows Update di SP2

Instalasi
Windows Update di SP2

Tanya :
Beberapa bulan yang lalu saya meng-update Windows XP saya dengan Service Pack 2. Awalnya tidak ada masalah. Tapi, belakangan ini shut down kadang terasa agak lambat disertai permintaan menginstal suatu software. Bahkan, Windows pernah hang saat shut down. Apa sih yang sebenarnya terjadi, dan bagaimana cara mengatasinya?

Jawab :
Windows XP SP2 memiliki rutin saat shut down yang akan memeriksa apakah Update Windows yang telah di-download sudah diinstal atau belum. Jika ada yang belum terinstal, Anda akan ditawari untuk menginstalnya sebagai bagian dari proses shutdown. Jika terjadi error pada proses ini, maka sistem akan menjadi hang saat di-shutdown.
Untuk memastikan masalah Anda disebabkan oleh hal ini, periksa/file yang berlokasi di c: \Windows\SoftwareDistribution\ReportingEvents.log dan lihat apakah terjadi error 0x80248011. Jika memang benar masalah update ini penyebabnya, lakukan langkah-langkah ini:
  1. Klik [Start]>[Run...] lalu ketik services.msc.
  2. Cari service Automatic Update lalu hentikan layanan tersebut dengan mengklik [Stop].
  3. Ubah nama folder c:\Windows\SoftwareDistribution menjadi c:\Windows\SoftwareDistribution.old, lalu aktifkan kembali Automatic Update.

2 comments:

Trima kasih atas Kunjungannya..... Tolong..... tinggalkan komentar/pesan agar saya dapat belajar dan belajar, sehingga kelak blog ini dapat bermanfaat.....