Search

Sunday, November 9, 2014

4. BASHER GEMAYEL


(40 November 1947-14 september 1982)

Kalau Keluarga  kennedy pernah malang melintang di panggung politik AS, kancah serupa di Libanon saat itu didominasi oleh Klan Gemayel. Dari keluarga ini muncul nama-nama penting yang tidak bisa dilepaskan dari tumbuh dan berkembangnya negeri ini. Tahun 1937 Pierre Gemayel mendirikan Partai Falangis. Sejak berdiri, partai yang didominasi kaum Kristen maronit ini menguasai kehidupan politik libanon.
Setelah perang sipil antar faksi-faksi falangis, palestina dan muslim libanon, Bashir  Gemayel, putra bungsu Pierre, mengambil alih kepemimpinan partai falangis dari tangan ayah. Agustus 1982, oleh parlemen Libanon, Bashir terpilih menjadi presiden negeri itu, di tengah ancaman dari musuh-musuh politiknya yang duduk di oposisi.

Malam, 14 september 1982, sepuluh hari sebelum sempat dilantik, sebuah ledakan bom menewaskan Bashir. Ia kemudian digantikan oleh sang kakak, Amin Gemayel.

No comments:

Post a Comment

Trima kasih atas Kunjungannya..... Tolong..... tinggalkan komentar/pesan agar saya dapat belajar dan belajar, sehingga kelak blog ini dapat bermanfaat.....