Search

Sunday, November 9, 2014

7. JHON F. KENNEDY


(29 Mei 1917-22 November 1963)

Ini terjadi ketika rombongan Kennedy mendarat di bandara Dallas, 22 November 1963. Seorang gadis kecil memberikan bunga mawar merah kepada Jaqueline. Namun pada saat Jackie menerimanya, setangkai mawar terjatuh, buru-buru Kennedy memungutnya dan memberikannya kepada sang istri. “ini bukan bunga pemberian warga dallas. Tapi mawar dari saya untuk istri” ujar kennedy. Entah kenapa ia mengucapkan kata-kata tersebut. Yang jelas itulah kenang-kenangan terakhir kennedy kepada sang istri.
Setelah itu rombongan bergerak menuju kota.  Rencananya iring-iringan kendaraan presiden akan berhenti di gedung trade mart, untuk jamuan makan siang.

Limousine presiden dengan kap terbuka ini mempunyai tiga baris tempat duduk, masing-masing untuk dua orang. Presiden duduk dibangku paling belakang sebelah kanan, sementara Ny. Kennedy disebelah kirinya. Bangku tengah diisi Gubernur Dallas John B. Connally, tepat didepan presiden, didampingi istri. Mobil ini diikuti mobil pelindung dengan 8 orang anggota satuan pengawal. Menyusul kemudian mobil Wapres Lyndon B Johnson.

Pada waktu rombongan melewati Toko Buku Texas yang bertingkat 6, terdengar rentetan suara tembakan kearah mobil presiden. Tampak tangan Kennedy meraba lehernya. Sebutir peluru mengenai tengkuknya (bagian belakang agak ke sebelah kanan tulang lehernya) menuju ke bawah dan tembus di leher bagian depan mengakibatkkan dasinya tertekuk. Rentetan tembakan berikut yang menyerang John B. Connally akhirnya presiden ke-35 AS itu roboh ke panguan istrinya setelah peluru berikutnya mengenai belakang kepalaya. Dua puluh menit kemudian, ayah Caroline dan Jhon F kennedyy Jr, pemenang hadiah Pulitzer atas bukunya Profiles in Courage, dan presiden AS paling terkenal di nyatakan meninggal di rumah sakit. Dalam waktu singkat pihak kepolisian berhasil melacak jejak sipembunuh dilantai 6 toko buku texas ditemukan sepucuk senapan Mannchiler Carcanoo caliber 6,5.
 Lee Harvey Oswald
Dalam waktu tak terlalu lama, si pemilik senjata itu bisa ditangkap yakni Lee Harvey Oswald (24) mantan anggota marinir AS yang mempunyai ubungan dekat dengan pemerintah komunis Soviet.  Ia tercatat sebagai pegawai toko buku tersebut. Namun penyelidikan Oswald menemui jalan buntu ketika kemudian seorang bernama Jack Rubenstein menembak mati Oswald sebelum sempat diadili
.Jack Rubenstein

No comments:

Post a Comment

Trima kasih atas Kunjungannya..... Tolong..... tinggalkan komentar/pesan agar saya dapat belajar dan belajar, sehingga kelak blog ini dapat bermanfaat.....