Search

Monday, November 24, 2014

MOSSAD BAGIAN DUA PERANG ENAM HARI

|<<<<< kembali ke  BAB II Penculikan Adolf Eichmann

BUKU MOSSAD MENGUAK TABIR DINAS INTELEJEN ISRAEL (DENIS EISENBERG, ELI LANDAU DAN URI


BAGIAN DUA
PERANG ENAM HARI


Pada hari, 5 juni 1967, meletuslah perang di timur tengah ketika pasukan Israel melancar serangan Preemtif (serangan yang dilakukan mendahului serangan musuh dengan tujuan untuk melemahkan dayya serang musuh demi mempertahankan diri.  Serangan ini hanya berlaku jika musuh diperkirakan akan menyerang dan biasannya sangat kotroversial) terhadap target-target militer di Mesir dan selanjutnya di Suriah, Irak dan Yordania.
Perang ini berakhir dalam enam hari. Pasukan Israel telah menawan ribuan pasukan mesir di Sinai dan menghancurkan begitu banyak kendraan lapis baja. Mereka telah maju hingga hanya beberapa kilometer dari damaskus dan merebut kembali kota yerusalem lama dari yordania.
Dunia di kejutkan oleh kecepatan dan ketepatan Israel dalam menggilas musuh-musuh mereka yang lebih bayak dan lebih kuat. Yang diketahui orang adalah, bahwa Israel telah mempersiappkan serangan macam ini selama bertahun-tahun sebelumnya. Dengan sangat hati-hati dan sangat rahasia, Israel telah mengumpulkan lebih banyak informasi tentang daya serang musuh. Dengan demikian, ketika perang benarr-benar meletus, Israel memanfaatkan pengetahuannya yang lebih unggul untuk menggantikan kekuatan militer mereka yang lebih lemah.
Penghargaan dalam memperoleh informasi seperti itu harus diberikan kepada Mossad. Ketiga kisah ini hanya menceritakan beberapa dari hasil kerja mereka, pergolakan-pergolakan kecil dalam beberapa gerakan-geraan rahasia yang membantu memenangkan perang enam hari sebelum satu tembakan pun diletuskkan.



Bersambung ke Bab IV Mencuri Pesawat MiG-21 Irak

3 comments:

  1. keren-keren..... ada versi ebooknya bro?

    ReplyDelete
  2. Israel membuktikan bahwa strategi dan spionase adalah satu elemen penting dalam menghadapi suatu peperangan saat Menghadapi gemburan semua negara-negara arab .......

    ReplyDelete
  3. thax gan....
    ditunggu BAB VI dst....

    ReplyDelete

Trima kasih atas Kunjungannya..... Tolong..... tinggalkan komentar/pesan agar saya dapat belajar dan belajar, sehingga kelak blog ini dapat bermanfaat.....