Search

Sunday, November 9, 2014

10 PEMBUNUHAN PEMIMPIN DUNIA Di ABAD XX

Kematian deretan nama tokoh dunia yang gugur selagi bertugas, nampaknya daftar korban pun takkan pernah berakhir dan pembunuhan politik menjadi fenomena global yang bisa muncul di mana dan kapan pun. Berikut secuil jalinan kilas balik yang membuktikan hal itu.
Baretta

Artinya lebih kurang sama yakni mencabut nyawa, namun ada beberapa macam kata untuk melukiskan. Itulak kelebihan orang inggris selain to kill, to murder, ada juga to assassinate. Chambers English dictionary menerangkan kata assassin dengan pengertian, one who murders by surprise or secret assault, usually for political reasons.

Naah dengan embel-embel di belakang tersebut menjadi jelaslah bahwa pembunuhan jenis ini mempunyai tempat khusus. Riwayat pembunuhan sebgai alat politik nyaris seusia manusia itu sendiri. Tewasnya Julius cesar tahun 44 SM melahirkan preseden awal pola penggulingan kekuasaan dalam kekaisaran romawi. Korban setelah itu adalah tokoh kontroversial Galus Caesar alias Caligula yang terkenal korup dan bengis. Ia tewas dirajam oleh para pengawalnya sendiri tahun 41. Penggantinya Claudius meninggal diracuni sang istri Agrippina tahun 54. Setelah itu selama 400 tahun kemudian sekitar20 kaisar Roma yang berkuasa mati dengan cara serupa.
AK 47

Pergantian kekuasaan di Konstantinopel pun berlangsug tak jauh berbeda, raja Valen dibunuh oleh kaum Gooths tahun 378, begitu pula penerus tahtanya, Flavius Tiberius Mauricius tewas ditangan pembunuh tahun 6602, di Norwegia Raja Haakon Agung dibantai di kandang hewan oleh tetaranya sendiri tahun 995. Semesntara di Skotlandia, Raja Ducan I tewas di tangan MacBeth tahun 1040. Tujuh belas tahun kemudian Malcom III membalasnya dengan menikam MachBeth. Sedangkan di Denmark Raja Canute IV digantung tanpa proses pengadilan tahun 1086.

Darah para raja inggris juga berceceran dengan cara ini. raja William Rufuus dibunuh oleh lawan politiknya selagi berburu tahun 1100. Beberapa puluh tahun kemudian raja belia Edward V (14) dicekik oleh orang suruhan Richard III di tahun 1483.

Sejarah nampaknya terus melanjutkan kisah pembunuhan politik ini bahkan di abad XX. Beberapa kisahnya di muat dalam buku True Crime (Bookmart Ltd. 1993)


UNTUK MENGETAHUI SECARA SINGKAT SEJARAHNYA SILAHKAN MEMBUKA  LINK-LINK DI BAWAH INI DARI NO 1 S/D 10

1. YITZHAK RABIN












1 comment:

Trima kasih atas Kunjungannya..... Tolong..... tinggalkan komentar/pesan agar saya dapat belajar dan belajar, sehingga kelak blog ini dapat bermanfaat.....